Minggu, 03 Desember 2017

SOFTWARE UNTUK PROSES BISNIS Microsoft Visio, Visual Paradigm, Enterprise Architect, Bizagi Process Modeler, ARIS Express, Altova, And Activiti A. Microsoft Visio


A. Microsoft Visio
Microsoft Visio (Visio) adalah sebuah program aplikasi komputer yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram alir (flowchart), brainstorm, dan skema jaringan yang dirilis oleh Microsoft Corporation. Shapes pada Visio dapat dihubungkan dengan sumber data lainnya, termasuk Microsoft Excel, Microsoft SQL Server, dan lain-lain.
Microsoft Visio merupakan salah satu perangkat pemodelan untuk membuat diagram-diagram yang dibutuhkan dalam penggambaran proses bisnis. Visio dapat membantu system analyst sebagai pengguna dalam mempersiapkan penggambaran diagram yang biasa diperlukan, seperti ERD, DFD, rancangan User Interface, jarigan, Gantt Chart, dan masih banyak lainnya

Image result for microsoft visio


Kelebihan dari Micrsoft Visio :
  1. Tools-tools nya sangat mudah dipahami
  2. Cara penggunaannya yang mudah
  3. Lebih banyak pilihan gambarnya

Kekurangan dari Microsoft.Visio:
  1. Instalasi yang rumit
  2. Sedikitnya tutorial visio
  3. Software tidak gratis
B. Visual Paradigm

Visual Paradigm, sebuah software model dengan system visualisasi memungkinkan model yang telah dibuat dapat digunakan sebagai representasi proyek-proyek lain dilengkapi dengan beberapa fitur yang ada didalmnya sampai pada menganalisa sebuah proyek yang akan dikerjakan. Diagram dapat disusun sedemikian rupa sehingga dapat dipustakakan menjadi proyek per proyek yang saling berkaitan. Hal ini dapat juga membantu memisahkan terhadap pekerjaan proyek sampai level terkecil

Image result for visual paradigm.

Fitur pada
Visual Paradigm ;

ü  UML Tools
Use Case Diagram
Class Diagram
Entity Relationship Diagram (ERD)
ü  Generating Visual Paradigm, yang memungkinkan untuk menghasikan dokumen dalam bentuk HTML,PDF, MS Word
ü  Reverse Engineering, dengan featur ini data base bisa langsung  di ubah dalam bentuk  ERD kemudian diubah lagi dalam bentuk Class diagram .selain itu class diagram yang tercipta tersebut dapat langsung digenerate menjadi code program. Ada beberapa code program yang di support oleh visual paradigm ini antaranya Java ,Python, PHP,pearl ,Ruby,NET. Dll
Kelebihan dari Visual Paradigm :
  1. Cross-platform Windows, Linux, Mac OS.
  2.  Mudah dalam penggunaan. Pada saat pembuatan project baru, sudah terpampang tools serta macam-macam diagram UML.
  3. Adanya feature reverse engineering
  4. Interoperability. Hasil project dari software UML lain dapat dibuka di Visual Paradigm.
  5. Adanya error checker. Apabila diagram belum sesuai standar UML, Visual Paradigm akan langsung membut garis merah pada diagram
Kekurangan dari Visual Paradigm :
1.    Aplikasi ini tidak dapat men-generate code dari pemodelan yang telah di buat ( Versi Community Edition)
2.Memnbayar aplikasi ini menjadi versi professional untuk dapat menggunakan fitur tersebut

C. Enterprise Architecture

Enterprise Architecture adalah tentang mengorganisasikan proses bisnis dan infrastruktur teknologi informasi yang diintegrasikan dan distandarisasi tergantung kepada visi misi dan model operasional perusahaan. Model operasional adalah model yang paling cocok dengan integrasi dan standarisasi proses bisnis untuk mendistribusikan produk atau layanan perusahaan kepada konsumen.

Image result for Enterprise Architecture


Tujuan dari penggunaan Enterprise Architecture dalam perusahaan adalah untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi bisnis dari perusahaan itu sendiri. 

Kata Enterprise digunakan karena cakupan dari Enterprise Architecture meliputi:
  • Sektor organisasi publik maupun pribadi
  • Keseluruhan bisnis atau perusahaan
  • Bagian dari perusahaan yang besar
  • Gabungan dari beberapa perusahaan/ joint venture
  • Operasi bisnis berbasis outsourcing
  • Perusahaan multinasional

Ada tiga cara dalam menerapkan enterprise architecture, antara lain;
1 memperpanjang aplikasi yang sudah ada,
2.menambahkan teknologi baru,
3.menghubungkan teknologi baru dengan aplikasi yang sudah ada. 

Beberapa framework  popular  seperti ZACHMAN, TOGAF dan FEAF NIST memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
ZACHMAN
Kelebihan yang dimiliki ZACHMAN adalah mampu menghasilkan perbedaan view points. Zachman juga merupakan pelopor enterprise architecture dan sudah diketahui secara baik. Kekurangannya adalah ZACHMAN terlalu rumit, bukan untuk operasional, butuh spesialisasi.
TOGAF
Kelebihaan yang dimiliki TOGAF adalah telah digunakan secara luas, memiliki kekuatan dalam proses, bisa diakses secara publik, dukungan penuh terhadap technology architecture. Kekurangannya adalah TOGAF terlalu fokus pada aspek teknologi, dukungan terbatas untuk abstraction, susah untuk diadopsi untuk project yang pendek.
FEAF NIST
Kelebihan yang dimiliki FEAF NIST adalah simple dan mudah digunakan, dirancang khusus untuk pemerintahan dan memiliki model referensi. Kekurangannya adalah FEAF NIST terlalu simple, ada gap antara teknologi dan networking, diproses untuk pemerintahan yang besar, memisahkan perhation terhadap teknologi yang selaras dengan business development dan strateginya.

D. Bizagi Process Modeler
Bizagi Process Modeler adalah aplikasi Freeware digunakan untuk diagram, dokumen dan mensimulasikan proses menggunakan Business Process Modeling Notation (BPMN) notasi standar

Image result for D. Bizagi Process Modeler
Bizagi BPM Suite adalah Business Process Management (BPM) dan solusi Workflow yang memungkinkan organisasi untuk mengotomatisasi proses / alur kerja. Ada edisi entry-level (Xpress Edition) dan dua edisi korporasi (Enterprise. NET dan Enterprise JEE). Bizagi Limited merupakan perusahaan swasta yang didirikan pada tahun 1989, dan namanya singkatan kelincahan bisnis.

Fitur-fitur
  • Proses Bizagi Modeler
Bizagi BPMN Process Modeler adalah aplikasi freeware untuk grafis diagram , dokumen dan mensimulasikan proses dalam format standar yang dikenal sebagai Business Process Modeling Notation ( BPMN ) . Proses diekspor ke Word, PDF , Visio , web atau SharePoint untuk dibagikan dan dikomunikasikan.
  • Bizagi BPM Suite
Suite ini terdiri dari dua alat : Bizagi Studio , yang merupakan modul konstruksi dan Bizagi BPM Server untuk eksekusi dan kontrol . Dalam Bizagi Studio pengguna mendefinisikan model yang terkait dengan proses bisnis (flowchart, aturan bisnis, user interface , dll ) untuk eksekusi proses. Model disimpan dalam database dan kemudian digunakan pada saat runtime untuk eksekusi proses Bizagi BPM Server . Bizagi BPM Server mengeksekusi Portal Bekerja untuk pengguna akhir yang dapat diakses melalui PC atau perangkat mobile.
Bizagi BPM Suite menawarkan fitur seperti : Graphic pelacakan real-time dan monitoring , alarm dan pemberitahuan , analisis kinerja dan pelaporan , audit , traceability dan routing beban kerja dan balancing dan mobilitas . Bizagi BPM Suite juga dapat diintegrasikan dengan CRM dan sistem ERP
E. ARIS EXPRESS

 
ARIS Express adalah alat pemodelan bebas biaya untuk analisis proses bisnis dan manajemen. Ini mendukung notasi pemodelan yang berbeda seperti BPMN 2, Event Process Process Chains (EPC), bagan organisasi, lanskap proses, papan tulis, dll. Alat ini disediakan sebagai freeware pada halaman web ARIS Community.
Image result for . ARIS EXPRESS

ARIS Express juga menyediakan beberapa fitur penting, yang tidak dapat ditemukan pada alat pemodelan yang paling sebanding.

ü  fragmen - Konstruksi pemodelan yang sering digunakan seperti keputusan eksklusif dalam model proses dapat disimpan sebagai fragmen sehingga tersedia untuk digunakan kembali secara langsung pada model lain.
ü  Desain cerdas - Aliran model proses atau hierarki model lainnya dapat ditangkap dalam antarmuka seperti spreadsheet. Saat memasukkan data di spreadsheet, model dihasilkan dan diletakkan di latar belakang saat mengetik.
ü  toolbar mini - Saat menggerakkan penunjuk mouse di atas objek dalam diagram, toolbar kecil ditampilkan yang memungkinkan akses cepat ke pemodelan tindakan yang paling penting.
ü  Impor Microsoft Visio - Diagram yang dibuat dengan Microsoft Visio 2007 atau versi atasnya dapat diimpor ke dan diedit di ARIS Express. Ekspor Microsoft Visio tidak disediakan.
ü  Impor ARISalign - Model yang dibuat pada platform kolaborasi online ARISalign dapat dibuka dan diedit di ARIS Express.

ARIS Express dapat mengekspor diagram ke format yang berbeda seperti:

PDF
JPEG
PNG
EMF
ADF
ADF

Selain format ekspor, dimungkinkan juga menggunakan clipboard untuk menyalin dan menempelkan diagram ARIS Express ke dalam perkantoran khas seperti Microsoft Powerpoint.

Kelebihan dara ARIS Express :
  • 1.      Alat sempurna untuk pengguna dan pemula ssekali dalam Business process Management
  • 2.      Antar muka pengguna intuitif-pemodel dapat bekerja secara produktif sejak awal
  • 3.      Model untuk struktur organisasi,proses,sistem aplikasi,data dan lainnya
  • 4.      Materi pelatihan gratis tersedia di ARI Community


Kekurangan dari ARIS Express ;
  • 1.      Tejadi masalah saat mencoba terhubung ke akun Komunitas Aris saat menyiapkan ARIS Express.
  • 2.      Terdapat pesan kesalahan yang menyatakan bahwa pengaturan proxy tersebut salah
  • 3.      Express tidak akan mendaftar melihat FAQ yang anda tautkan


F. Altova

Altova adalah perusahaan pengembang perangkat lunak komersial dengan kantor pusat di Beverly, MA, AS dan Wina, Austria yang menghasilkan perangkat pengembangan perangkat lunak XML, database, UML, dan pengembangan data Terpadu

Image result for altova
Tujuan dari penggunaan ALTOVA Perangkat lunak Altova berupaya meningkatkan efisiensi penggunaan program guna mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan pengguna untuk belajar software database dan tugas lainnya seperti eksekusi query.

Contoh perangkat lunak Altova mencakup :
Ø  Editor XML XMLSpy,
Ø   MapForce,
Ø  alat pemetaan data.

Perusahaan juga mengembangkan perangkat lunak untuk tim bisnis selain perangkat lunak mereka untuk pengembang. Altova juga telah menambahkan program berkemampuan XBRL ke perangkat lunak XML-nya, termasuk alat pengembangan. Selain itu, mereka juga menyertakan kemampuan Bahasa Inggris dan Kemampuan Unified Modeling Language untuk perangkat lunak mereka.

Kelebihan dari Altova :
1.     XML Spy memberikan pengembangan alat yang mereka butuhkan untuk membangun aplikasi yang paling canggih dengan desainer skema grafis,pembuatan kode,konverter file,debugger, profiler untuk bekerja dengan XSD,XSLT,Xquery,XBRL,JSON dan banyak lagi.
2.     Alat Altova ini memungkinkan untuk menuai semua manfaat layanan Web tanpa diperlambat oleh tantangan.Hasilnya adalah layanan web yang efektif dengan peningkatan standar-kesesuaian dan kualitas kode.
G. Activiti

Activiti adalah Business Process Management yang telah teruji.
Activiti adalah alur kerja sumber terbuka yang dapat menjalankan proses bisnis di BPMN.Activiti adalah yayasan untuk Alfresco’s Alfresco Process Service (APS) dan Alfresco adalah sponsor utama Activiti Project.

Image result for activiti
 Proyek ini saling bekerja sama :
Ø  Modeler,antar muka persiapan alur kerja berbasis web berbasis antar muka berdasarkan signavio
Ø  Designer,plugin Eclipse untuk mengembangkan alur kerja
Ø  Engine,prrosesor alur kerja utama
Ø  Explorer,alat web untuk menerapkan definisi proses,memulai contoh proses baru dan melakukan pekerjaan pada alur
Ø  Siklus,sebuah web aplikasi untuk kolaborasi antara pengguna bisnis dan insinyur perangkat lunak

Kekurangan dari Activiti:
  • Activiti didasarkan pada pengalaman alur kerja mereka dengan jBPM,namun merupakan basis kode baru,tidak berdasarkan kodejBPM sebelumnya.


Kelebihan dari Activiti:
1.Activiti menempatkan kekuatan BPM di tangan pengembang dengan PI praktis
2.Activiti memdukung standar terbuka sepertiBPMN dan DMN dengan API REST terbuka untuk proses manusia dan sistemik yang palig menuntut.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar