ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), yang
kemudian berganti nama menjadi Internet didirikan pada tahun 1969,
Jaringan
komputer atau komunikasi data adalah seperangkat ilmu yang bersangkutan antara
perangkat sistem komputer. sistem komputer atau perangkat, Diantaranya,
open-source implementations ,top-down dan bottom-up yang sama dengan arsitektur
Internet, menawarkan kepada publik akses praktis ke kode sumber perangkat
lunak.
Dalam
pendekatan :
- bottom-up,
relawan menyumbangkan desain atau implementasinya sambil mencari dukungan dan konsensus dari komunitas pengembang, - top-down
didorong oleh otoritas. Menjadi open source dan tersedia secara gratis, implementasi ini berfungsi sebagai contoh yang solid bagaimana mekanisme jaringan bekerja
dalam rincian spesifik.
Prinsip-prinsip
dasar yang mengatur komunikasi data diidentifikasi.
Ukuran kinerja seperti bandwidth, beban yang ditawarkan, throughput, latency,
variasi latency, dan loss. Kami kemudian menjelaskan masalah desain di algoritma yang digunakan untuk memproses paket kontrol dan paket data.
Ukuran kinerja seperti bandwidth, beban yang ditawarkan, throughput, latency,
variasi latency, dan loss. Kami kemudian menjelaskan masalah desain di algoritma yang digunakan untuk memproses paket kontrol dan paket data.
Internet
adalah salah satu solusi yang mungkin untuk jaringan komputer, menjelaskan versi
Internet dari solusi untuk konektivitas, skalabilitas, dan berbagi sumber daya serta
proses pengendalian dan pemrosesan data-paketnya.
PERSYARATAN UNTUK JARINGAN KOMPUTER
Kumpulan persyaratan untuk jaringan komputer dapat diterjemahkan
ke dalam satu set Tujuan yang harus dipenuhi saat merancang, mengimplementasikan,
dan mengoperasikan komputer jaringan. Selama bertahun-tahun, set ini memang
berubah secara bertahap, namun persyaratan utamanya
tetap sama: "menghubungkan semakin banyak pengguna dan aplikasi
melalui berbagai media bersama dan perangkat sehingga mereka dapat berkomunikasi dengannya satu sama lain
tetap sama: "menghubungkan semakin banyak pengguna dan aplikasi
melalui berbagai media bersama dan perangkat sehingga mereka dapat berkomunikasi dengannya satu sama lain
(1)
konektivitas: siapa dan bagaimana menghubungkan,
(2)
skalabilitas: berapa banyak untuk terhubung,
(3)
berbagi sumber daya: bagaimana memanfaatkan konektivitas.
1.Konektivitas: Node,
Link, Path
Jaringan komputer, dari segi konektivitas, dapat dipandang sebagai "terhubung
grafik dibangun dari satu set node dan link, dimana ada sepasang node
Bisa saling mencapai satu sama lain melalui jalur yang terdiri dari rangkaian simpul bersambung "Kami membutuhkan konektivitas antara pengguna manusia untuk bertukar pesan atau terlibat dalam percakapan, antara program aplikasi untuk menjaga jaringan
operasi, atau antara pengguna dan program aplikasi untuk mengakses data atau layanan.
Berbagai media dan perangkat dapat digunakan untuk membangun konektivitas antar node,
dengan perangkat menjadi hub, switch, router, atau gateway dan media kabel
atau nirkabel.
Node: Host atau Perantara
Sebuah simpul dalam jaringan komputer bisa berupa komputer host atau perantara
perangkat interkoneksi Yang pertama adalah komputer titik akhir yang menghosting pengguna dan aplikasi, sementara yang terakhir berfungsi sebagai titik perantara dengan lebih dari satu link interface untuk interkoneksi komputer host atau perantara lainnya. Perangkat seperti itu Sebagai hub, switch, router, dan gateway adalah contoh perantara yang umum.
Link: Point-to-Point atau Broadcast
Tautan dalam jaringan komputer disebut point-to-point jika menghubungkan dua node dengan tepat dengan satu di setiap ujungnya, atau jika menghubungkan lebih dari dua node yang terpasang.
Jaringan komputer, dari segi konektivitas, dapat dipandang sebagai "terhubung
grafik dibangun dari satu set node dan link, dimana ada sepasang node
Bisa saling mencapai satu sama lain melalui jalur yang terdiri dari rangkaian simpul bersambung "Kami membutuhkan konektivitas antara pengguna manusia untuk bertukar pesan atau terlibat dalam percakapan, antara program aplikasi untuk menjaga jaringan
operasi, atau antara pengguna dan program aplikasi untuk mengakses data atau layanan.
Berbagai media dan perangkat dapat digunakan untuk membangun konektivitas antar node,
dengan perangkat menjadi hub, switch, router, atau gateway dan media kabel
atau nirkabel.
Node: Host atau Perantara
Sebuah simpul dalam jaringan komputer bisa berupa komputer host atau perantara
perangkat interkoneksi Yang pertama adalah komputer titik akhir yang menghosting pengguna dan aplikasi, sementara yang terakhir berfungsi sebagai titik perantara dengan lebih dari satu link interface untuk interkoneksi komputer host atau perantara lainnya. Perangkat seperti itu Sebagai hub, switch, router, dan gateway adalah contoh perantara yang umum.
Link: Point-to-Point atau Broadcast
Tautan dalam jaringan komputer disebut point-to-point jika menghubungkan dua node dengan tepat dengan satu di setiap ujungnya, atau jika menghubungkan lebih dari dua node yang terpasang.
Perbedaan utamanya adalah bahwa node yang terhubung ke link
broadcast perlu dihadapkan pada hak untuk mengirim Node yang berkomunikasi
melalui link point-to-point biasanya mengirimkan seperti yang mereka inginkan
jika itu adalah link full-duplex; bergiliran untuk mengirim jika itu adalah
link half-duplex;
atau memanfaatkan dua link untuk mentransmisikan, satu untuk setiap arah, jika itu adalah link simpleks
atau memanfaatkan dua link untuk mentransmisikan, satu untuk setiap arah, jika itu adalah link simpleks
link
full-duplex dan dukungan half-duplex link simultan bidirectional dapat membawa
sinyal jarak jauh lebih jauh. Kabel serat optik banyak digunakan untuk lebih
jauh. Kabel serat optik banyak digunakan untuk Untuk koneksi nirkabel,
2.Skalabilitas: Jumlah
Node
Mampu menghubungkan 10 node sama sekali berbeda dengan kemampuan menghubungkan jutaan dari simpul. Karena apa yang bisa bekerja pada kelompok kecil tidak harus bekerja Pada kelompok besar, kita membutuhkan metode terukur untuk mencapai konektivitas. Jaringan komputer, dari aspek skalabilitas, harus menawarkan "platform terukur ke sebuah jumlah besar node sehingga masing-masing node tahu bagaimana cara mencapai simpul lainnya. "
Mampu menghubungkan 10 node sama sekali berbeda dengan kemampuan menghubungkan jutaan dari simpul. Karena apa yang bisa bekerja pada kelompok kecil tidak harus bekerja Pada kelompok besar, kita membutuhkan metode terukur untuk mencapai konektivitas. Jaringan komputer, dari aspek skalabilitas, harus menawarkan "platform terukur ke sebuah jumlah besar node sehingga masing-masing node tahu bagaimana cara mencapai simpul lainnya. "
Hirarki Node
Salah satu cara mudah untuk menghubungkan sejumlah besar simpul adalah dengan mengaturnya ke dalam banyak kelompok, masing-masing terdiri dari sejumlah kecil node. Jika jumlah kelompok sangat besar, kita selanjutnya bisa mengelompokkan kelompok-kelompok ini ke dalam sejumlah supergroup yang jika perlu, dapat dikelompokkan lebih lanjut menjadi "super-supergroup metode dimana group dan supergroup disebut subnet dan domain masing-masing.
Salah satu cara mudah untuk menghubungkan sejumlah besar simpul adalah dengan mengaturnya ke dalam banyak kelompok, masing-masing terdiri dari sejumlah kecil node. Jika jumlah kelompok sangat besar, kita selanjutnya bisa mengelompokkan kelompok-kelompok ini ke dalam sejumlah supergroup yang jika perlu, dapat dikelompokkan lebih lanjut menjadi "super-supergroup metode dimana group dan supergroup disebut subnet dan domain masing-masing.
LAN, MAN, WAN
- LAN adalah Jaringan yang menghubungkan
Kelompok tingkat bawah kecil disebut local area networkUntuk kelompok berukuran 256, itu akan membutuhkan paling sedikit 256 (untuk jaringan berbentuk cincin) dan paling banyak 32.640 point-to-point
link (untuk mesh yang terhubung sepenuhnya) untuk membangun konektivitas. kita dapat dengan mudah mencapai dan mengelola konektivitas mereka. Penerapan single
link broadcast dapat diperluas. - MAN adalah jaringan yang lebih luas secara geografis, katakanlah area metropolitan jaringan.untuk menghubungkan node jauh atau bahkan LAN. MAN biasanya memiliki cincin topologi sehingga bisa membangun bus ganda untuk toleransi kesalahan terhadap kegagalan link
- WAN adalah Daerah yang luas Jaringan yang tak terbatas biasanya memiliki topologi mesh karena keacakan di lokasiKelompok tingkat bawah secara default adalah LAN yang diimplementasikan sebagai hub atau tombol yang menghubungkan kurang dari 256 host. Supergroup tingkat menengah .Berbagi Sumber Daya
Dengan konektivitas terukur yang ada, sekarang kami membahas bagaimana cara berbagi konektivitas ini Sekali lagi, kita bisa mendefinisikan sebuah
jaringan komputer, dari sisi berbagi sumber daya, sebagai "platform bersama di mana
Kapasitas node dan link digunakan untuk mentransfer pesan komunikasi antara
nodeswitching,Yang menyediakan persediaan sumber daya yang stabil dan dengan demikian dapat mempertahankan kualitas tinggi dalam aliran data terus menerus seperti sinyal video atau audio,Prinsip-Prinsip Underlying
Sebagai teknologi komunikasi data terdistribusi, packet switching telah diletakkan
turunkan prinsip-prinsip komunikasi data untuk diikuti. Kita bisa membagi set
prinsip menjadi tiga kategori: kinerja, yang mengatur kualitas layanan
packet switching, operasi, yang merinci jenis mekanisme yang dibutuhkan
penanganan paket, dan interoperabilitas, yang menentukan apa yang harus dimasukkan ke dalam standar protokol dan algoritma, dan apa yang tidak seharusnya.
ukuran kinerja di bawah skenario operasional yang umum atau ekstrim bukanlah sebuah
praktek yang dapat diterima di daerah ini. Hasil kinerja suatu sistem datang dari
simulasi matematis atau simulasi sistem sebelum sistem nyata diimplementasikan,
atau dari percobaan pada test bed setelah sistem telah diimplementasikanBagaimana sistem melakukan, seperti yang dirasakan oleh pengguna, bergantung pada tiga hal:
(1) kapasitas perangkat
keras sistem,
(2) beban yang ditawarkan
atau masukan lalu lintas ke sistem ini,
(3) mekanisme internal
atau algoritma yang dibangun ke dalam sistem ini untuk
menangani beban yang ditawarkan Sebuah sistem dengan kapasitas
tinggi namun mekanisme yang dirancang dengan buruk akan dilakukan
tidak berskala baik saat menangani beban yang ditawarkan berat, meski bisa tampil lumayan baik dengan beban yang ditawarkan ringan
tidak berskala baik saat menangani beban yang ditawarkan berat, meski bisa tampil lumayan baik dengan beban yang ditawarkan ringan
Operasi pada Control Plane
pesawat kontrol dalam komunikasi data adalah menyediakan
instruksi yang baik untuk data plane untuk membawa paket data.Mengoperasikan jaringan packet-switching melibatkan penanganan kerugian.menangani masalah aneka macam seperti pelaporan kesalahan, konfigurasi sistem dan
manajemen, dan alokasi sumber daya
pesawat kontrol dalam komunikasi data adalah menyediakan
instruksi yang baik untuk data plane untuk membawa paket data.Mengoperasikan jaringan packet-switching melibatkan penanganan kerugian.menangani masalah aneka macam seperti pelaporan kesalahan, konfigurasi sistem dan
manajemen, dan alokasi sumber daya
routing
dan forwarding.
Di sini kita
mendefinisikan routing
seperti mencari tempat untuk mengirim paket dan forwarding seperti mengirim paket.
seperti mencari tempat untuk mengirim paket dan forwarding seperti mengirim paket.
Arsitektur
Internet
Arsitektur internet memiliki justifikasi filosofis. Meski
begitu, ada lagi arsitektur komunikasi data lainnya, seperti Asynchronous
Transfer yang pudar
Mode (ATM) dan Multi-Protocol Label Switching (MPLS) yang muncul. Mereka semua
memiliki sesuatu yang sama dan sesuatu yang unik,
Mode (ATM) dan Multi-Protocol Label Switching (MPLS) yang muncul. Mereka semua
memiliki sesuatu yang sama dan sesuatu yang unik,
Interoperabilitas
Standar vs Implementasi-Bergantung
Ada dua cara yang mungkin untuk berbagai perangkat untuk berbicara satu sama lain. Salah satunya adalah membeli semua perangkat hanya dari satu vendor. Yang lainnya adalah mendefinisikan protokol standar antara Perangkat sehingga selama vendor mengikuti protokol ini, kita bisa menginteraktif perangkat yang dibeli dari vendor yang berbeda.
Standar vs Implementasi-Bergantung
Ada dua cara yang mungkin untuk berbagai perangkat untuk berbicara satu sama lain. Salah satunya adalah membeli semua perangkat hanya dari satu vendor. Yang lainnya adalah mendefinisikan protokol standar antara Perangkat sehingga selama vendor mengikuti protokol ini, kita bisa menginteraktif perangkat yang dibeli dari vendor yang berbeda.
Solusi
untuk Konektivitas
membangun dan memelihara konektivitas end-to-end ini di Internet,
seseorang harus melakukan tiga keputusan:
- konektivitas yang dialihkan atau dialihkan,
- end-to-end atau hop-byhopmekanisme untuk menjaga kebenaran (pengiriman paket yang andal dan teratur)
dari konektivitas ini, - bagaimana mengatur tugas dalam membangun dan memelihara
konektivitas ini Untuk internet diputuskan untuk merutekan konektivitas ini, pertahankan kebenarannya pada tingkat end-to-end, dan mengatur tugas menjadi empat lapisan protokol.Routing: Stateless dan tanpa koneksi
Meskipun switching lebih cepat daripada routing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar